Sabtu, 25 Desember 2021

Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran terintegrasi PRLH di MTsN 4 Pasuruan

 





    Hari Jum'at Tanggal 24 Desember 2021 bagi MTsN 4 Pasuruan merupakan hari yang bersejarah dalam pelaksanaan Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), pasalnya pada hari ini MTsN 4 Pasuruan secara simbolis menerima penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021 yang diberikan oleh Menteri KLHK secara Virtual. 
Bapak Lukman selaku Kepala Sekolah MTsN 4 Pasuruan setelah penerimaan penghargaan tersebut meskipun secara virtual merasa bangga dan bersyukur atas prestasi yang tekah diraih oleh sekolah. Menurut Bapak Lukman Selaku Kepala Sekolah prestasi ini dapat terwujud berkat kerjasama dari semua pihak yang ada di sekolah tanpa terkecuali siapapun. Dengan diterimanya predikat sebagai sekolah adiwiyata Nasional ini bukan berarti kegiatan adiwiyata berhenti namun semakin besar tantangan dan tugas yang harus dilakukan oleh sekolah. Hal ini dikarenakan sekolah harus mempersiapkan untuk menuju ke tingkat yang lebih tinggi yakni sekolah adiwiyata Mandiri. Salah satu persiapan yang dilakukan oleh sekolah diantaranya dengan dilaksanakannya  workshop penyusunan perangkat pembelajaran  terintegrasi Adiwiyata  (PRLH) yang menjadi salah indikator keberhasilan  dalam pelaksanaan GPBLHS yang juga dilaksanakan bertepatan dengan penerimaan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021.
Dalam kegiatan workshop ini sebagai Narasumber adalah Ibu Sri Handayati, M.Pd dari SMP N 1 Pandaan (Ketua Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia DPW Kab, Pasuruan).
adapun materi yang disampaikan adalah tentang 
 
Setiap guru setidaknya harus menyusun RPP tersintegrasi dengan salah satu dari ke enam aspek PRLH. Ke - enam  aspek PRLH tersebuat adalah:


Dalam penyampaian materinya, Narasumber juga menyampaikan kiat-kiat sukses menjadi sekolah adiwiyata Mandiri.  Ibu Sri Handayati sebagai nara sumber juga menyampaikan berbagai hal terkait bagaimana langkah-langkah setelah menjadi sekolah adiwiyata Nasional dan akan menuju sekolah adiwiyata Mandiri. salah satunya yakni sekolah harus  mengimbaskan progran PBLHS kepada sekolah-sekolah di sekitarnya. Melalui pengimbasan dan pembinaan kepada sekolah-sekolah binaan diharapkan akan menambah jumlah sekolah yang menerapkan gerakan PBLHS. dengan demikian akan tercipta sekolah sekolah bersih, indah,nyaman dan menyenangkan sehingga program pemerintah untuk mewujudkan sekolah bersih pada tahun 2025 akan terwujud. 
Workshop ini diikuti oleh seluruh bapak ibu Dewan Guru MTsN 4 Pasuruan dan  semuanya  berantusias dan semangat dalam mengikuti workshop serta bersemangat saat menyaksikan penayangan penghargaan sekolah adiwiyata secara virtual yang disaksikan di sela-sela kegiatan workshop. 
Sebelum Kegiatan Workshop berakhir, ibu Sri Handayati juga memberikan bonus (menurut Bapak Lukmas selaku Kepala sekolah) terkait inovasi sekolah berbasis digital dengan pemberian materi tentang TV sekolah. dengan waktu yang tidak terkalu lama akhirnya MTsN 4 telah berhasil memiliki channel TVsekolah dan bapak Muhammad Suhadi ditunjuk sebagai verifikator tv sekolah oleh Bapak Kepala Sekolah. 
Semua bapak ibu guru nampak bersemangat saat mendaftar di tv sekolah apalagi saat telah berhasil mendaftar, terlihat nampak dari wajahnya bahwa mereka merasa senang dan ingin segera bisa mengupload video di tv sekolah.
Alhamdulilah Workshop berakhir dan  ditutup dengan doa 

0 komentar:

Posting Komentar