Rabu, 29 Desember 2021

Ngobrol Santai Desember Group Dupak " Pentingnya PKG 360 pada DUPAK

 

  

Pada akhir Desember 2021 disaat banyak orang menikmati liburan akhir tahun, santai-santai bersama keluarga, namun disaat itu pula group Dupak melaksanakan kegiatan yang amat keren keren cadas (itu kata Bung Refli Harun ). bagaimana tidak keren meskipun kegiatan bertajuk ngobrol santai namun yang dibahas dan disajikan oleh narasumber hebat adalah topik yang lagi ngetren dan lagi dicari oleh para guru khususnya yang PNS. 
Ngobrol santai Desember Group Dupak kali ini mengambil tema"pentingnya PKG 360 dalam DUPAK dengan menghadirkan dua nara sumber hebat dan peserta yang merupakan guru-guru hebat Nusantara. 
Nara sumber dalam ngobrol santai Desember group Dupak antara lain ibu Ni Komang Ratnawati Giri, S.Pd asal instansi SMPN 17 Mataram -NTB. Riwayat pekerjaan beliau antara lain beliau aktif  di berbagai organisasi profesi sehingga tidak diragukan lagi segudang pengalaman telah beliau peroleh. Selain aktif di berbagai organisasi beliau juga memiliki banyak prestasi dalam bidang pendidikan diantaranya sebagai guru prestasi tahun 2020 tingkat kota Mataram.  
Sementara narasumber yang kedua tidak kalah hebatnya dengan narasumber sebelumnya beliau adalah  Bapak Mujahidin Agus, MSi. M.Pd  asal instansi SMA N 3 Palopo Sulawesi Selatan. Nara sumber hebat yang satu ini sungguh luar biasa berbagai karya telah beliau hasilkan, berbagai kejuaraan beliau raih selama kariernya bahkan beliau tidak hanya prestasi secara Nasional namun juga secara Internasional. Rasanya tidak cukup 2 lembar untuk menuliskan karya dan prestasi beliau pokoknya keren dan mantap. 

Selain dua narasumber tersebut, hadir juga Bapak Samsuri, S.Pd (Pengawas Dinas Pendidikan kabupaten Pati). Beliau mewakili grup Dupak untuk memberikan sambutan dan arahan terkait kegiatan ngobrol santai untuk   mengawali kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau mengharapkan agar semua peserta mengikuti ngobrol santai ini  sampai selesai karena topik yang diangkat malam ini merupakan topik yang diperlukan oleh semua guru yakni tentang  PKG 360 yang akan dikupan tuntas oleh dua pemateri hebat. 
Ngobrol santai bersama narasumber dan peserta hebat  ini berlangsung selama 2 jam,  dimulai pukul 19.00 berakhir 21.00. Waktu  2 jam ini  ternyata masih belum cukup bagi peserta, hal ini menunjukkan bahwa ngobrol santai ini benar-benar keren,  meskipun sudah diakhiri namun ngobrolnya dilanjut sampai malam bahkan sampai pukul 23.30. 
Setelah pemaparan materi dari kedua narasumber dilanjut dengan sesi tanya jawab, pada sesi ini antusias  peserta sangat besar hal ini nampak  dari  banyakannya pertanyaan yang diajukan  oleh peserta terkait penerapan dan langkah PKG 360 dalam DUPAK. Beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan adalah  ibu Andi Rawe, Bapak Sri Surya dari Temanggung, Bapak Sufirman, dan tidak ketinggalan guru hebat kita ibu Nur Hayati dari Pati. 
Meskipun sesi tanya jawab sudah diakhiri namun masih banyak peserta yang ingin bertanya pada nara sumber sehingga moderator memberikan kesempatan terkahir pada ibu Faiqotul Isnaini
Sebelum ngobrol santai diakhiri, bapak senior dari Group Dupak Bapak Hadi juga memberikan tambahan informasi penting   tentang PKG 360 sehingga lengkap sudah ngobrol santai kali ini dengan pemaparan materi yang menarik, berbobot dengan para narasumber hebat dan kompeten. 
Beberapa hal yang dapat diambil dari ngobrol santai Desember Group Dupak dari clossing statement nara sumber dan arahan pakar DUPAK diantaranya adalah:
1. sebagai seorang guru kita harus belajar belajar dan belajar 
2. Guru harus merefleksi diri 
3. PKG Guru merupakan bagian Raport Guru yang berfungsi sebagai bagian DUPAK
4. guru harus memiliki 4 kompetensi dan harus dikembangkan yakni, pedagogik, kepribadian, sosial       dan profesional
5. melalui PKG 360 seorang guru dinilai dari segala penjuru (360o). Seorang guru dinilai oleh teman sejawat, oleh peserta didik, oleh orang tua peserta didik. dan masyarakat. dengan kata lain seorang guru menjadi obyek sorotan dapat dinilai oleh siapa saja 
6. Meskipun demikian semangat guru harus terus ditingkatkan
Sementara kesimpulan dari ngobrol santai Group DUPAK dengan tajuk Pentingnya PKG 360 dalam DUPAK
1. Penilaian Kinerja Guru merupakan sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugas utamanya melalui pengukuran terhadap penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam kerjanya
2. Hasil penilaian Kinerja Guru berfungsi (1) digunakan sebagai dasar pembuatan perencanaan. Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) guru sebagai guru pembelajaran, (2) digunakan untuk pemenuhan angka kredit guru dalam kenaikan pangkat dan jabatan. 
3. PKG 360 merupakan penilaian kinerja guru yang dinilai dari berbagai penjuru dan dinilai oleh siapapun yakni teman sejawa, peserta didik orang tua dan masyarakat
4. Pada PKG 360 kuisioner untuk responden teman sejawat berjumlah  10 orang, peserta didik 10 orang dan orang tua 3 orang. Penilaian dari Teman sejawat tidak harus sesama guru mapel 
5. PKG 360 telah diluncurkan pada tahun 2018 pada saat Bimtek Calon Penilai angka kredit Buku 2





1 komentar:

  1. Terima kasih banyak, Bu Sri. Luar biasa masih sempat menuliskan laporan kegiatan 👍🏆

    BalasHapus