Kamis, 24 Desember 2020

KEGIATAN HPAI PASURUAN MELAWAN KRISIS IKLIM

 


Perubahan iklim dan pemanasan global ini dipicu oleh kenaikan emisi gas rumah kaca yang saat ini terus mencetak rekor tertinggi. Pantauan Greenhouse Gas Bulletin yang diterbitkan WHO menunjukkan, rata-rata konsentrasi emisi gas rumah kaca utama yaitu karbon dioksida (CO2) dunia telah menembus rekor 407,8 PPM (parts per million) di 2018, naik dari 405,5 PPM dari tahun 2017 (Sumber;https://hijauku.com/2020/01/01/mengurai-solusi-krisis-iklim-di-2020/) 
HPAI (Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia) Pasuruan sebagai salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang lingkungan berusaha menyikapi keadaan tersebut dengan cara melaksanakan Gerakan Lawan Krisis Iklim malalui Sedekah Pohon 2020 yang dilanjutkan dengan pananaman pohon di daerah Semare Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. 
Bersama dengan YPLI (Yayasan Peduli Lingkungan Indonesia) bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Kabupaten Pasuruan (antara laian, SMPN 1 Pandaan, SMPN 2 Sukorejo, SMPN 1 Rejoso, SMPN 2 Bangil), UPT Kali Welang, FKPS (Forum Komunitas Pasuruan Sehat), Kecamatan Kraton, Desa Kraton dan Desa Semare beserta  masyarakat peduli lingkungan desa Kraton dan Semare, HPAI Pasuruan pada tanggal 21 Desember 2020 bersama-sama melaksanakan kegiatan penanaman di sepanjang jalan perbatasan desa semare dan Kraton dengan tujuan untuk menjaga tanah agar tidak terkena abrasi akibat derasnya air sungai. Perbatasan Desa Semare dan Kraton merupakan lokasi yang dekat dengan pantai hal ini mengakibatkan daerah ini rawan terkena dampak dari besarnya air pantai jika terjadi peluapan air pantai. selain itu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian  siswa, guru, masyarakat akan pentingnya menjaga lingkunga, penghijauan dan kepedulian terhadap lingkungan. 
Dalam Sambutannya Sekretaris Camat sebagai wakil dari Kecamatan Krataon mengharapkan agar kegiatan yang mulia ini tidak hanya berhenti sampai pada kegiatan penanaman saja melainkan harus ada keberlanjutan. 
Sementara Sri Handayat, M.Pd selaku ketua HPAI Pasuruan dalam sambutannya meminta pada seluruh peserta agar selalu peduli dan dapat ikut serta untuk menjaga lingkungan dari segala gangguan termasuk krisis iklim seperti saat ini. Dimanapun, kapanpun kita harus selalu peduli pada lingkungan. 




0 komentar:

Posting Komentar